Home / Traveler Lifestyle  / Travel Guide  / Passport & Visa  / Mengenal Jenis-Jenis VISA dan Fungsinya

Mengenal Jenis-Jenis VISA dan Fungsinya

featured

Visa adalah dokumen penting yang wajib dimiliki jika kita ke luar negeri. Jika tidak memiliki visa yang ada kita akan ditolak datang ke negara tujuan. Pada dasarnya visa berfungsi sebagai izin tinggal di luar negeri bagi para traveller tetapi tahukah kamu jika ternyata visa memiliki beberapa jenis yang tergantung dari alasan kunjungan. Apa saja jenis-jenis visa dan fungsinya? Yuk, baca lebih lanjut.

 

Visa Kunjungan Wisata/Visa Turis

Inilah visa yang paling sering digunakan jika pergi ke luar negeri. Jika sudah memiliki visa ini dijamin kita boleh masuk ke hampir semua negara tujuan di dunia. Namun untuk mendapatkan visa ini kita harus mengajukan pembuatannya jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

 

Visa on Arrival

Visa on Arrival adalah visa yang dibuat saat kita tiba di negara tujuan sehingga tak perlu repot-repot membuatnya dari jauh-jauh hari. Visa dapat dibuat di bandara atau pelabuhan, tergantung tempat kedatangan kita. Sistem visa on arrival ini hanya berlaku di antara negara-negara yang memiliki hubungan baik.

 

Visa Kunjungan Bisnis

Visa yang satu ini dibuat untuk mereka yang memang ke luar negeri untuk keperluan bisnis dan pekerjaan – entah itu mengunjungi kantor pusat/cabang, rapat dengan klien, hingga seminar. Jika sering melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri, visa yang satu ini wajib dimiliki.

 

Visa Kunjungan Keluarga

Visa ini diperuntukkan untuk mereka yang ingin datang ke suatu negara dengan tujuan mengunjungi keluarga. Dengan visa ini kita bisa tinggal di negara tujuan selama maksimal 3 bulan (90 hari). Sama seperti biasa visa ini harus diajukan sebelum keberangkatan dan juga harus disertai surat undangan dari keluarga yang tinggal di negara tujuan; keluarga tersebut bertindak sebagai penjamin traveller selama ada di negara tersebut.

 

Visa Kerja

Visa kerja diperuntukkan bagi orang-orang yang bekerja di perusahaan negara tujuan. Visa ini memiliki jangka waktu yang lama. Bisa berupa izin tinggal semi permanen, permanen, atau sesuai dengan lamanya kontrak kerja. Visa ini tidak bisa diperpanjang secara langsung. Untuk memperpanjang visa ini, kita harus kembali ke negara asal dan mengajukan ulang pembuatannya.

 

Visa Bisnis

Ingin membuka bisnis di suatu negara dan butuh waktu tinggal yang agak lama? Nah, visa bisnis jawabannya. Visa ini memberikan kita waktu tinggal yang agak lama di negara tujuan karena mengurus keperluan pendirian perusahaan. Visa ini bisa diperpanjang untuk mendapatkan izin tinggal permanen.

 

Visa Belajar

Sesuai dengan namanya, visa ini digunakan untuk oleh siswa/mahasiswa yang ingin belajar di luar negeri. Pengajuan pembuatan visa ini lebih mudah apabila kita sudah memenuhi syarat di instansi pendidikan negara yang dituju. Visa ini berlaku selama masa pendidikan masih berjalan, termasuk masa libur.

 

Visa Pertukaran Pelajar

Visa ini dikhususkan untuk para pelajar yang mengikuti program pertukaran pelajar. Masa berlaku visa sesuai dengan masa berlangsungnya program. Pembuatannya akan dibantu oleh lembaga yang mengadakan program.

 

Itulah beragam jenis visa dan fungsinya. Jika kamu ingin traveling tanpa visa, bisa baca 9 Negara Tujuan Bebas Visa untuk Orang Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan ya.

Share This:
POST TAGS:

marco.anthony@smailingtour.co.id

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT